Selasa, 24 November 2015

Organisasi Metode

Tugas 1

I. ORGANISASI METODE
1. PengertianOrganisasi
-Organisasimenurut Stoner adalah :suatupolahubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawahpengarahanmanajermengejartujuanbersama.
- Organisasimenurut James D. Mooney adalah :bentuksetiapperserikatanmanusiauntukmencapaitujuanbersama.
- OrganisasiMenurut Chester I. Bernard adalah :suatusistemaktivitaskerjasama yang dilakukanolehdua orang ataulebih.
2. ManajemendanOrganisasi
Manajemenadalah proses kegiatanpencapaiantujuanmelaluikerjasamaantarmanusia. Rumusantersebutmengandungpengertianadanyahubungan timbale balikantarakegiatandankerjasamadisatupihakdengantujuan di pihak lain.
Untukdapatmencapaitujuanterasebutmakaperludibentuksuatuorganisasi yang padapokoknyasecarafungssionaldapatdiartikansebagaisekelompokmanusia yang dipersatukandalamsuatukerjasama yang efisienuntukmencapaitujuan. Sehinggadapatdikatakanbahwafungsiorganisasiadalahsebagaialatdarimanajemenuntukmencapaitujuan. Jadi, dalamrangkamanajemenmakaharusadaorganisasi, demikianeratnyadankekalnya (consistency) hubunganantaramanajemendanorganisasi.
3. Manajemendan Tata Kerja
Tata kerjaataumetodeadalahsatucarabagaimana (how) agar sumber – sumberdanwaktu yang tersediadanamatdiperlukandapatdimanfaatkandengantepatsehingga proses kegiatanmanajemendapatdilaksanakandengantepat pula.
Dengantatakerja yang tepatmengandungartibahwa proses kegiatanpencapaiantujuansudahdilakukansecarailmiahdanpraktis, disampingitupemakaiantatakerja yang tepatpadapokoknyaditujukanuntuk :
a).Menghindariterjadinyapemborosan di dalampenyalahgunaansumber-sumberdanwaktu yang tersedia.
b).Menghindarikemacetan-kemacetandankesimpangsiurandalam proses pencapaiantujuan.
c).Menjaminadanyapembagiankerja, waktudankoordinasi yang tepat.
Jadihubunganantaramanajemendantatakerjadapatdituliskansepertidibawahini :
Manajemen: Menjelaskanperlunyaada proses kegiatandanpendayagunaansumber-sumbersertawaktusebagai factor-faktor yang diperlukanuntukpelaksanaankegiatan demi tercapainyatujuan.
Tata Kerja: Menjelaskanbagaimana proses kegiatanituharusdilaksanakansesuaidengansumber-sumberdanwaktu yang tersedia.
4. Manajemen, Organisasi, dan Tata Kerja
Hubunganantaraketigahaltersebutadalahsebagaiberikut :
- Manajemen : Proses kegiatanpencapaiantujuanmelaluikerjasamaantarmanusia.
-Organisasi :Alatbagipencapaiantujuantersebutdanalatbagipengelompokkankerjasama.
- Tata kerja :Polacara-carabagaimanakegiatandankerjasamatersebutharusdilaksanakansehinggatujuantercapaisecaraefisien.
Dari konseptersebut, jelaslahbahwabaikmanajemen, organisasimaupuntatakerjaketiganyadiarahkankepadatercapainyatujuan.


DaftarPustaka:




II. CIRI-CIRI UNSUR dan MACAM-MACAM ORGANISASI
1.OrganisasiNiaga
OrganisasiNiagaAdalahSuatuorganisasi yang sifatnyauntukmencapaisuatukeuntungan. Organisasiiniseringkitatemuidalamkehidupan yang berbasisglobalisasisaatini, denganfaktorekonomi yang semakinberkembangmenjadikanOrganisasiNiagasemakinpesat pula. AdapunMacam-MacamOrganisasiNiaga Antara Lain:
1.PerseroanTerbatas (PT)
2.PerseroanKomanditer (CV)
3.Firma (FA)
4.Koperasi
5.Join Ventura
6.Trust
7.Kartel
8.Holding Company
2. OrganisasiSosial
Organisasisosialadalahperkumpulan sosial yang dibentukoleh masyarakat, baik yang berbadanhukummaupun yang tidakberbadan hukum, yang berfungsisebagaisaranapartisipasimasyarakatdalampembangunanbangsadannegara. Sebagai makhluk yang selaluhidupbersama-sama, manusiamembentukorganisasisosialuntukmencapaitujuan-tujuantertentu yang tidakdapatmerekacapaisendiri.
-OrganisasiNormatif: Adalahpihakelitmenjalankanorganisasi/ mengawasianggotalebihdominanmenggunakankekuasaannormatif (persuasif). Bentukpartisipasianggotaadalahdengankomitmen moral.
- Organisasi Utilitarian: Adalahpihakelitmengawasianggotadominanmenggunakankekuasaan utilitarian. Partisipasianggotaberdasarkankomitmenperhitunganyaitupemikiranhubunganbisnis, sangatperhitungkanuntungrugi.
- OrganisasiKoersi: Adalahpihakelitmenggunakankekuasaankoersidalammengawasianggotanya. Koersiadalahsegalajenispaksaan, ancaman, danintimidasi yang digunakanuntukmempengaruhiperilaku orang lain.
3. Organisasi Regional danInternasional
Organisasi regional mempunyaiwilayahkegiatannyabersifat regional, dankeanggotaanhanyadiberikanbaginegara-negarapadakawasantertentusaja. Berikutinimerupakancontohdariorganisasiregional :
1. APEC : Asia Pasific Economic Cooperation ( organisasikerjasamaanegara-negarakawasan Asia Pasifik di bidangekonomi )
2. EEC : Europe Economic Community ( MasyarakatEkonomiEropa ) kawasanEropa
3. ASEAN : Association of South East Asian Nation
Peran yang dimainkanolehorganisasi-organisasi regional sangatberbedabergantungpadakarakteristikorganisasitersebut. Karakteristikinidipengaruhiolehfaktorgeografis, ketersediaansumber-sumberdanstrukturorganisasi. Perbedaanfaktor-faktoriniakanmempengaruhibentukOrganisasi Regional dan organ-organ yang menopangnya. Perbedaankarakterini juga nantinyaakanberpengaruhpadamekanismedanprosedurpenyelesaiankonflik yang ditempuhuntukmenyelesaikansengketaantaraanggotadalamsebuahOrganisasi Regional.
Organisasiinternasionaladalahsuatubentukorganisasidarigabunganbeberapanegaraataubentuk unit fungsi yang memilikitujuanbersamamencapaipersetujuanyg juga merupakanisidariperjanjianatau charter.
Contohorganisasi-organisasiinternasionaladalah :
1. PBB
PerserikatanBangsa-Bangsaatau PBB (United Nations atau UN) adalahsebuahorganisasiinternasional yang anggotanyahampirseluruhnegara di dunia. Lembagainidibentukuntukmemfasilitasidalamhukuminternasional, pengamananinternasional, lembagaekonomi, danperlindungansosial. PerserikatanBangsa-bangsadidirikan di San Fransiscopadatanggal 24 Oktober 1945 setelahKonferensi Dumbarton Oaks di Washington DC, namunsidangumum yang pertamadihadiri wakil dari 51 negaradanbaruberlangsungpada 10 Januari 1946 (di Church House, London).
Dari 1919 hingga 1946, terdapatsebuahorganisasi yang mirip, bernamaLigaBangsa-bangsa, yang bisadianggapsebagaipendahulu PBB. Sejakdidirikan di San Fransiscopada 24 Oktober 1945, sedikitnya 192 negaramenjadianggota PBB. Semuanegara yang tergabungdalamwadah PBB menyatakanindependensinyamasing-masing, selainVatikandanTakhtaSucisertaRepublikCina (Taiwan) yang tergabungdalamwilayahCinapada 1971. Hinggatahun 2007 sudahada 192 negaraanggota PBB. SekretarisJendral PBB saatiniadalah Ban Ki-Moon asal Korea Selatan yang menjabatsejak 1 Januari 2007.
2. NATO
PaktaPertahananAtlantik Utara (North Atlantic Treaty Organisation/NATO) adalahsebuahorganisasiinternasionaluntukkeamananbersama yang didirikanpadatahun 1949, sebagaibentukdukunganterhadapPersetujuanAtlantik Utara yang ditandatangani di Washington, DC pada 4 April 1949. Nama resminya yang lain adalahdalambahasaperancis :l’Organisation du Traité de l’Atlantique Nord (OTAN).





DaftarPustaka:



Tidak ada komentar: