Sejarah
Singkat Animasi Dunia
Kata animasi berasal dari kata animation yang
berasal dari kata dasar to anime di dalam kamus Indonesia inggris berarti
menghidupkan. Secara umum animasi merupakan suatu kegiatan
menghidupkan, menggerakkan benda mati. Suatu benda mati diberi dorongan, kekuatan,
semangat dan emosi untuk menjadi hidup atau hanya berkesan hidup. Sebenarnya,
sejak jaman dulu, manusia telah mencoba menganimasi gerak gambar binatang
mereka, seperti yang ditemukan oleh para ahli purbakala di gua Lascaux Spanyol
Utara, sudah berumur dua ratus ribu tahun lebih. Mereka mencoba untuk menangkap
gerak cepat lari binatang, seperti celeng, bison atau kuda, digambarkannya
dengan delapan kaki dalam posisi yang berbeda dan bertumpuk (Hallas and
Manvell 1973). Orang Mesir kuno menghidupkan gambar mereka dengan urutan
gambar-gambar para pegulat yang sedang bergumul, sebagai dekorasi dinding.
Dibuat sekitar tahun 2000 sebelum Masehi (Thomas 1958).
Lukisan Jepang
kuno memperlihatkan suatu alur cerita yang hidup, dengan menggelarkan gulungan
lukisan, dibuat pada masa Heian(794-1192) (ensiklopedi Americana
volume 19, 1976). Kemudian muncul mainan yang disebut Thaumatrope sekitar
abad ke-19 di Eropa, berupa lembaran cakram karton tebal, bergambar burung
dalam sangkar, yang kedua sisi kiri kanannya diikat seutas tali, bila dipilin
dengan tangan akan memberikan santir gambar burung itu bergerak (Laybourne
1978).
Perkembangan dunia animasi komputer yang pesat
dewasa ini memerlukan waktu puluhan tahun dalam proses penciptaaannya. Animasi
secara harfiah berarti membawa hidup atau bergerak. Secara umum menganimasi
suatu objek merupakan benda yang bergerak, dari objek tersebut agar
menjadi hidup, animasi mulai dikenal sejak populernya media televisi yang mampu
menyajikan gambar – gambar hasil bergerak hasil rekaman kegiatan dari makhluk
hidup, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan.
Perkembangan animasi semenjak munculnya perkembangan pertelevisian. Pada awalnya
diciptakan animasi berbasis dua dimensi (2D Animation). Realisasi nyata dari
perkembangan animasi dua dimensi yang cukup revolusioner berupa dibuatnya
film-film kartun.
Pembuatan animasi film kartun tersebut pada awalnya
dikerjakan dengan membuat sketsa gambar yang digerakkan satu demi satu, jadi
kesimpulannya animasi merupakan suatu gambar objek yang dapat bergerak.
Pedesain animasi di computer yang lebih umum disebut dengan animator, hanya
perlu menganimasikan objek antar keyframe tidak perlu lagi membuat animasi frame
demi frame seperti dalam pebuatan animasi gambar demi gambar dalam pembuatan
kartun film konvensional. Sedangkan frame – frame antar keyframe tersebut akan
diterjemahkan sendiri oleh computer menjadi sebuah gerakan seperti yang
diinginkan animator. Perkembangan dunia animasi computer sekarang sudah sangat
pesat, apalagi sejak diciptakannya animasi berbasis tiga dimensi ( 3D
Animation) yang mempunyai ukuran panjang, lebar, dan tinggi ( Z-axis) maka objek
dan pergerakkannya hampir mendekati kenyataan aslinya. Hanya saja
objek tersebut dibuat dunia maya (Virtual reality).
Perkembangan ini juga
dilengkapi dengan berbagai perangkat lunak yang mendukung seperti misalnya
Macromedia flash, GIF animation dan corel Rave sebagai software – software
pendukung animasi dua dimensi sedangkan 3D MAX Studio, Alias Wave Front
AMA, Light Wave, dan cinema 4D, sebagai software –software inti popular pendukung
animasi 3 dimensi. Keuntungan yang diperoleh bagi para pekerja atau bisa juga
disebut sebagai animator adalah sebagai berikut :
1. Dalam pembuatan sekuel film.
2. Pembuatan sebuah iklan multimedia.
3. Pengisi special effect dalam pembuatan video
klip music atau film.
4. Pembuatan presentasi multimedia.
Mendesain sebuah web yang dinamis dan
interaktif atau jika dikaji lebih jauh bahwa seorang animator dapat mengkreasi
sebuah objek atau efek yang tidak mampu dihasilkan cameraman misalnya seorang
animator mampu membuat visualisasi angin topan, gunung meletus yang
mengeluarkan lava panas, menghidupkan kembali monster dinosaurus yang sudah
punah beberapa abad silam,merobohkan gedung, membuat pesawat semahal F – 16
meledak dan terbakar.
Sejarah
Animasi di Indonesia
Animasi adalah jenis film yang tentunya sudah tidak
asing lagi di mata para penikmat film. Film yang merupakan hasil pengolahan
gambar buatan tangan atau komputer yang bergerak ini telah memikat banyak
kalangan.
Di Indonesia, mungkin kita bisa mengklaim bahwa pada 4 hingga 3 juta tahun yang lalu dalamperadaban budaya Indonesia sudah ada lukisan animasi. Hal itu dibuktikan dengan lukisan-lukisan yang ada di Gua Leang-Leang (Sulawesi), beberapa gua di Kalimantan Timur, serta gua-gua yangmasih murni tersimpan di alam Papua. Selain itu, di Pulau Jawa kita mengenal wayang. Wayang inilah yang kemudian disebut-sebut sebagai bentuk animasi tertua dan merupakan cikal bakal animasi dunia.
Di Indonesia, mungkin kita bisa mengklaim bahwa pada 4 hingga 3 juta tahun yang lalu dalamperadaban budaya Indonesia sudah ada lukisan animasi. Hal itu dibuktikan dengan lukisan-lukisan yang ada di Gua Leang-Leang (Sulawesi), beberapa gua di Kalimantan Timur, serta gua-gua yangmasih murni tersimpan di alam Papua. Selain itu, di Pulau Jawa kita mengenal wayang. Wayang inilah yang kemudian disebut-sebut sebagai bentuk animasi tertua dan merupakan cikal bakal animasi dunia.
Awalnya animasi di Indonesia digunakan untuk kepentingan politik. Sejak tahun
1933 di Indonesia banyak koran lokal yang memut iklan Walt Disney. kemudian
Pada Tahun 1955 Presiden Soekarno yang sangat menghargai seni mengirim seorang
seniman bernama Dukut Hendronoto (pak Ook) untuk belajar animasi di studio Walt
Disney, setelah tiga bulan ia kembali ke Indonesia dan membuat film animasi
pertama bernama Si Doel Memilih animasi ini awalnya di buat untuk tujuan kampanye
politik. Lalu pada tahun 1963 Ook hijrah ke TVRI dan mengembangkan animasi di
sana dalam salah satu program namun kemudian program itu dilarang karena
dianggap terlalu konsumtif.
Pada tahun 70-an terdapat studio animasi di Jakarta bernama Anima Indah yang
didirikan oleh seorang warga Amerika. Anima Indah termasuk yang mempelopori
animasi di Indonesia karena menyekolahkan krunya di Inggris, Jepang,Amerika dan
lain-lain. Anima berkembang dengan baik namun hanya berkembang di bidang
periklanan. Di tahun 70-an banyak film yang menggunakan kamera seluloid 8mm,
maraknya penggunaan kamera untuk membuat film tersebut, akhirnya menjadi
penggagas adanya festival film. di festival film itu juga ada beberapa film
animasi Batu Setahun, Trondolo, Timun Mas yang disutradarai Suryadi alias Pak
Raden (animator Indonesia Pertama).
Tahun 80-an ditandai sebagai tahun maraknya animasi Indonesia. Ada film animasi
rimba si anak angkasa yang disutradarai Wagiono Sunarto dan dibuat atas
kolaborasi petualangan si Huma yang diproduksi oleh PPFN dan merupakan animasi
untuk serial TV.
Era tahun 1980-1990-an banyak bermunculan beberapa perusahaan animasi yang
menerima order dari luar negeri seperti Asiana Wang Animation (kerja sama
dengan Wang Film Animation, Taiwan) yang bergaya Disney, sedangkan untuk gaya
Jepang atau Anime ada Evergreen, Marsa Juwita Indah di Bali, dan lain-lain.
Lalu dilanjutkan dengan munculnya Red Rocket di Bandung, Bening di Yogyakarta,
Tegal Kartun, dan seterusnya hingga muncul di tahun 1990-an, beberapa perusahaan
animasi yang juga mengerjakan 3D animasi seperti Kasatmata, Matahari Studio
(lebih ke game animation), dan generasi baru anak-anak nongkrong MTV seperti
Wahyu Aditya dengan Hellomotion-nya.
Di tahun 1990-an di Indonesia mulai bertaburan dengan berbagai film animasi.
Diantaranya Legenda Buriswara, Nariswandi Piliang, Satria Nusantara yang kala
itu masih menggunakan kamera film seluloid 35mm, kemudian ada serial
Hela, Heli,Helo yang merupakan film animasi 3D pertama yang di buat di Surabaya.
Tahun 1998 mulai bermunculan film-film animasi yang berbasis cerita rakyat
seperti Bawang Merah dan Bawang Putih, Timun Mas dan petualangan si Kancil. Di
Era 90-an ini banyak terdapat animator lokal yang menggarap animasi terkenal
dari jepang seperti Doraemon dan Pocket Monster.
Diantara sekian banyak studio animasi di Indonesia, Red Rocket Animation
termasuk yang paling produktif. Pada tahun 2000 Red Rocket memproduksi beberapa
serial animasi TV seperti Dongeng Aku dan Kau, Klilip dan Puteri Rembulan,
Mengapa Domba Bertanduk dan Berbuntut Pendek, Si Kurus dan Si Macan, pada masa
ini serial animasi cukup populer karena menggabungkan 2D animasi dengan 3D
animasi. Pada tahun 2003, serial 3D animasi merambah layar lebar diantaranya
Janus Perajurit Terakhir, menyusul kemudian bulan Mei 2004 terdapat film layar
lebar 3D animasi berdurasi panjang yaitu Homeland.
Setelah itu, pada Juli 2009 Indonesia berhasil meluncurkan film animasi 3D
pertama yang ditayangkan di layar lebar. Dan konon kabarnya film ini siap Go
Internasional dan bersaing dengan film animasi sekelas Hollywod. Film yang
berjudul Meraih Mimpi tersebut diproduksi Infinite Frameworks (IFW), studio
animasi yang berpusat di Batam. Dalam pembuatan film tersebut melibatkan 150
animator yang hampir semuanya orang Indonesia dan hanya lima orang asing.
Judul - Judul Film Animasi :
• Traditional Animation
Mickey Mouse, Snoopy, Donald Duck, Snow White and The Seven Dwarf, Pinocchio.
• Computer Animation
2D : Doraemon, Crayon Sinchan, Dragon Ball, Naruto, Happy Tree Friends, Pucca,
Bleach, Shaman King, Detective Conan, Death Note, Gundam Wings, Lilo and
Stitch, Spongebob Squrepants, Dora The Explorer, The Lion King, Aladdin,
Brother Bear, Scooby Doo, Pink Panther, Spirit, The Simpson.
3D : Homeland, Meraih Mimpi, Kabayan dan Lip lap, Pangeran Diponegoro the
movie, Catatan Dian, Belang Cicit lan Cuit, Pulau Kelapa, Chika, Finding Nemo,
Shrek, Chicken Little, Shark Tale, Nin 9, Ratatouille, Robots, a Bugs Life, The
Incredible, Monster Inc., Ice Age, Pocoyo, Up, Kung Fu Panda, Toy Story, Cars,
Valiant, Antz.
• Stop Motion Animation
Chicken Run, A Sculptors Welsh Rarebit Nightmare, a Nightmare Before Christmas,
Wallace and Gromit.
• Hybrid / Mix Media
Timun Mas, Janus: Prajurit Terakhir, Lord of The Ring, Avatar, Narnia.
Sumber
:
albertotkj.blogspot.co.id
uproar2.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar