Sebelum
menjelaskan sedikit tentang domain-domain proses dalam ITIL saya akan
menjelaskan lebih dulu pengertiannya. ITIL singkatan dari Information
Technology Infrastructure Literature, yang merupakan best practice framework
dalam mengelola teknologi informasi berbasis layanan. Nama ITIL dan IT
Infrastructure Literature merupakan merek dagang terdaftar dari Office of
Government Commerce (OGC) Britania Raya.
ITIL
memberikan deskripsi detil tentang beberapa praktik (TI) penting dengan daftar
cek, tugas, serta prosedur yang menyeluruh yang dapat disesuaikan dengan segala
jenis organisasi (TI).
Walaupun
dikembangkan sejak dasawarsa 1980-an, penggunaan ITIL baru meluas pada
pertengahan 1990-an dengan spesifikasi versi keduanya (ITIL v2) yang paling
dikenal dengan dua set bukunya yang berhubungan dengan ITSM (IT Service
Management), yaitu Service Delivery (Antar Layanan) dan Service Support
(Dukungan Layanan).
Dalam
versi terbaru adalah versi 3. Perubahan mendasar pada versi ini terletak dari
sudut pandang pengelolaan IT, dimana pada versi 2 ITIL mengelola layanan
sebagai sekumpulan proses dan fungsi sementara dalam ITIL versi 3 layanan
sebagai sebuah lifecycle / daur hidup.
Sumber : http://aisyahoctav.weebly.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar